Mengalir Saja

10 Jul 2013

Sebagaimana mestinya waktu yang terus berputar hingga matahari nantinya akan terbit dari tempat tenggelamnya yaitu barat, dan juga diikuti tanda-tanda akhir zaman lainnya yang telah tertuang dalam janji-janji ALLAH swt pada surah-surah di kitab suci Al-Quran. Awal bulan Ramadhan ini pada tanggal 10 juli 2013 / 1434 H pada penanggalan masehi, datang sesuai dengan seharusnya. Dalam arti lain, sederhananya seperti ini: ketika datang pagi, maka tentulah akan datang siang, sore, malam, hingga sampai pagi hari kemudian dan terus berlanjut seperti itu. Katakanlah hari ini adalah hari rabu, maka akan datang hari kamis, jumat, sabtu, minggu, senin, selasa, dan sampai hari rabu kemudian. Jika sekarang ini tanggal 10, maka tentulah kita telah melewati tanggal sebelumnya yaitu 9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2, dan 1, dan tentu saja setelah tanggal 10 akan datang tanggal 11, 12, 13, 14, 15, dan seterusnya. Begitu pun juga dengan tahun, 2013, 2014, 2015, 2016, dan seterusnya.

Maka kaitannya dengan Ramadhan pada tahun ini yang datang dengan sebagaimana mestinya. Persiapan menyambut bulan Ramadhan, atau aktivitas / kegiatan sebelum puasa, tentulah setiap orang berbeda-beda. Namun jika di-generalisir, baik orang-orang yang tinggal di daerah atau perkotaan. Maka persiapan menyambut bulan Ramadhan setiap orang akan sama, yaitu mengikuti malam Nishfu Syahban di masjid dekat tempat tinggal mereka masing-masing.

Bagiku, tak ada persiapan khusus yang kulakukan ketika menyambut bulan Ramadhan. Dalam artian seperti ini: Jika malam Nishfu Syahban datang, maka akan aku ikuti. Jika puasa datang dan telah ditetapkan, maka sebisa mungkin hal wajib itu harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Dan juga ketentuan-ketentuan lainnya pada bulan Ramadhan seperti Shalat Tarawih, maka akan aku ikuti. Intinya, tak ada persiapan atau latihan khusus guna menyambut puasa sebulan penuh di bulan Ramadhan. Cukup lah puasa sunah senin-kamis yang cukup sering kulakukan pada jauh hari sebelum Ramadhan datang, secara otomatis membantu tubuhku beradaptasi untuk puasa sebulan penuh di bulan Ramadhan.

Bahwasanya aku percaya, diluar sana sebagian orang menyambut bulan Ramadhan, dengan memang apa yang harus dilakukan pada bulan Ramadhan.Tak ada persiapan khusus, mengalir saja.


TAGS


-

Author

Follow Me